Selamat datang di website www.algazali.ac.id
PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR BANK SULSELBAR CABANG BARRU
  • Penulis : HERLINA AMRIANAH

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh stres kerja dan mengetahui variabel stres kerja yang paling berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Populasi penelitian adalah seluruh pegawai Bank Sulselbar Cabang Barru sebanyak 52 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 52 orang pegawai dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan persamaan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara simultan maupun secara parsial variabel stres individu, stres kelompok, dan stres organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Bank Sulselbar Cabang Barru. Variabel stres individu paling dominan mempengaruhi kinerja pegawai. Oleh karena itu, manajemen stres individu sangat perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja pegawai.

Lihat Data
PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBERDAYAAN BAGI PEDAGANG MAKANAN JALANAN BERBASIS MASYARAKAT DI KABUPATEN BA
  • Penulis : WAHYU AZ

Banyak warga kita dengan modal biasabiasa saja tetapi mereka bisa bertahan hidup . Mereka menjadi pedagang kaki lima yang marak di beberapa kota dan daerah. Salah satunya terletak di Kabupaten Barru. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan masalah dan solusi yang dihadapi oleh pedagang kaki lima dan juga menemukan strategi yang telah diterapkan sehubungan dengan pedagang makanan jalanan untuk memberdayakan mereka. Penelitian ini menemukan bahwa masalah yang dihadapi oleh penjual makanan umumnya empat: pertama, modal kerja. Banyak pedagang mengklaim alasannya adalah mereka tidak dapat meningkatkan bisnis mereka secara bertanggung jawab karena modal mereka yang kecil. Kedua, masalah keterampilan kerja. Ketiga, menyangkut kapasitas bisnis skala kecil dan keempat mereka, mereka umumnya tidak memiliki jaringan bisnis. Selain itu, ada beberapa strategi yang telah mereka kembangkan. Salah satu hal yang paling sering mereka lakukan adalah mengemas produk mereka untuk menghemat, seperti memodifikasi produk mereka, mengurangi kualitas makanan yang disajikan. Dalam kasus terakhir, mereka enggan jika produk yang disebutkan tidak memenuhi syarat.

Lihat Data
IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DI SEKOLAH MENENGAH
  • Penulis : MUSDALIFA

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang kualitas keterlaksanaan manajemen pembelajaran berbasis komputer pada SMP Negeri di Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan variabel penelitian adalah fungsi manajemen pembelajaran berbasis komputer, meliputi; perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Populasi penelitian adalah semua guru SMP Negeri di Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru yang memiliki keterampilan komputer. Sampel penelitian berjumlah 34 orang yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data melalui instrumen kuisioner, lembar observasi, dan dokumentasi dengan teknik penskoran menggunakan rating scale. Uji validitas instrumen menggunakan analisis faktor dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data dideskripsikan dan dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa implementasi manajemen pembelajaran berbasis komputer pada SMP Negeri di Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru berada pada kualitas baik.

Lihat Data
ADMINISTRASI NEGARA DALAM KERANGKA SISTEM PEMERINTAHAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
  • Penulis : MULIATI

Sistem pemerintahan Negara Indonesia sebagaimana dirumuskan dalam penjelasan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD NRI tahun 1945) merupakan pedoman dasar dan kerangka mekanisme bagi penyelenggaraan sistem Administrasi Negara. Dalam sistem pemerintahan negara itu antara lain telah ditetapkan berbagai perangkat pemerintahan negara yang berupa lembaga – lembaga negara dengan tugas, wewenang dan kewajiban masing-masing serta mekanisme hubungan kerja antara lembaga negara tersebut dalam menjalankan tugas negara untuk mencapai tujuan nasional.Dalam kaitan inilah maka sistem Administrasi Negara Republik Indonesia yang diselenggarakan dan dikembangkan dalam mengemban tugas negara demi tercapainya tujuan nasional menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Sistem Pemerintahan Negara.Asas Persatuan dan Kesatuan menjadi asas pembinaan dan pengembangan kelembagaan atau bidang perlengkapan negara ditingkat nasional itu harus disusun sedemikian rupa sehingga mencerminkan aspirasi dari seluruh rakyat indonesia. Dalam menjalankan pemerintahan tersebut, pemerintah mengambil bermacam-macam kepeutusan yang bersifat politik (mengandalkan kekuasaan negara) dalam berbagai bentuk satu sama lain bergantung pada materi dan tujuannya : peraturan, strategi, policy, rencan budget, instruksi, perintah, dan sebagainya. Keputusan-keputusan pemerintah tersebut bersifat dan berlaku secara umum, artinya tidak ditujukan kepada atau seseorang atau badan ataukasus yang tertentu, tetapi bersifat aturan (rule) atau prinsip umum atau kepentingan umum,oleh karena bertujuan memecahkan masalah atau menangani urusan kepentingan umum, baik kepentingan negara maupun kepentingan masyarakat. metodologi penelitian penelitian ini menggunakan sumber data sekunder atau merupakanpenelitian kepustakaan yaitu penelitian terhadap data sekunder pada penelitian ini yang berkaitan dengan pendekatan Sistem administrasi Negara Repepublik Indonesia.pada penelitian inidikonsepkan sebagai apa yang tertulis dalam buku (in books). artikel ini membahas tentang administrasi negara dalam sistem pemerintahan negara Republik Indonesia.

Lihat Data
MEMAHAMI KEBENARAN DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT ADMINISTRASI
  • Penulis : KAMARUDDIN HASAN

Filasfat administrasi adalah berpikir secara kritis, matang dan mendalam terhadap hakikat dan makna yang terkandung dalam materi ilmu administrasi filsafat administrasi mencakup ontologi, efistemologi, dan aksiologi. Perkembangan ilmu administrasi sebagai filsafat lebih lambat jika dibandingkan perkembangan adminitrasi sebagai administrasi. Hal ini karena dipicu oleh kondisi perkembangan kehidupan manusia yang didorong oleh kemajuan IPTEKS secara keseluruhan. Namun demikian perkembangan ilmu administrasi tidak dapat dilepaskan dari perkembangan administasi sebagai filsafat, karena filsafat administrasi lebih menekankan pada teori yang berlandaskan pada teori kebenaran filsafat. Sementara administrasi sebagai ilmu semakin dituntut untuk meletakkan dasar - dasar kebenaran dalam implementasi pada setiap langkah kemajuannya.

Lihat Data
STRATEGI PEMERINTAH DESA DALAM PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI (Studi Kasus Di Desa Siawung Kecamatan Bar
  • Penulis : ANDI TENRI NIPPI

Pemberdayaan kelompok tani adalah upaya meningkatkan kemampuan dan memandirikan masyarakat tani dalam meraih kesejahteraan. Untuk mencapai tujuan tersebut , diperlukan suatu strategi yang dapat memberdayakan petani dalam meningkatkan produktivitasnya . Penelitian ini didasari atas pertimbangan bahwa masyarakat desa Siawung pada umumnya hidup dari bertani dengan potensi kekayaan alam yang menjanjikan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemerintah desa dalam pemberdayaan kelompok tani di Desa Siawung Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif yang bersifat deskriptif.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah desa Siawung sudah menjalankan strategi dengan cukup baik, meskipun belum maksimal sebagaimana mestinya.

Lihat Data
PEMANFAATAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI STIA AL GAZALI BARRU (Suatu Studi Terhadap Pema
  • Penulis : AIDAH, S

E-learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance learning) yang memanfaatkan teknologi computer dan jaringan computer (internet). E-learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer. Sistem pembelajaran elektronik adalah cara baru dalam proses belajar dan mengajar. Perkembangan teknologi informasi dan komputer yang sangat berkembang dengan cepat, berdampak positif pada kehidupan di masyarakat sehari - hari. Perkembangan teknologi menghasilkan begitu banyak layanan masyarakat yang mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information and Communication Technology). Dalam bisnis sering kita dengar dengan istilah e-business atau e-commerce, di dunia pemerintahan biasa disebut dengan istilah e-government dan bagi dunia pendidikan dikenal dengan istilah e-learning. e-learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan menggunakan media Internet atau jaringan komputer. Untuk mengetahui pemanfaatan e-learning oleh dosen dan mahasiswa sebagai media pembelajaran perlu dilakukan kajian secara mendalam. STIA Al Gazali Barru merupakan sebuah lembaga perguruan tinggi dengan teknologi informasi dan komunikasi sebagai dasar dalam proses belajar mengajar di setiap matakuliah yang diselenggarakannya. STIA Al Gazali Barru berfokus pendidikannya adalah dalam bidang Administrasi Negara. Salah satu yang menonjol pada kampus ini adalah sistem e-learning yang digunakan sebagai fasilitas belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode R & D ( Research and Development ) metode penelitian R & D digunakan karena dalam metode penelitian ini menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Capaian Dengan sistem pembelajaran e-learning ini diharapkan terselenggaranya pembelajaran mata kuliah secara online yang mampu memberi dukungan bagi terselenggaranya perkuliahan yang interaktif sehingga mahasiswa bisa melakukan diskusi dengan dosen maupun dengan mahasiswa yang lain dalam forum diskusi yang disediakan dalam sistem elearning ini.

Lihat Data
KINERJA PEMERINTAH DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DESA SIAWUNG KECAMATAN BARRU KABUPAT
  • Penulis : A. PANANRANGI M

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 menyebutkan bahwa Desa atau disebut dengan nama lain, adalah kesatuan masyarakat hukum yang memilik kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal-usul dan adatistiadat setempat yang diakui dalam sistem pemerintahan nasional. Salah satu tugas dari Pemerintah Desa adalah melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pemerintah Desa Sawung dalam pelayanan administrsi kependudukan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitiatif deskriftif. Dalam penelitian ini didasarkan pada teori: produktivitas, kualitas layanaan, dan akuntabilitas yang disesuaikan dengan PERMENPANRB No : Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pemerintah Desa Siawung dalam pelayanan adminitrasi kependudukan dikategorikan cukup baik, meskipun belum maksimal’ dan masih perlu dilakukan pembenahan.

Lihat Data
INDEPENDENSI YUDISIAL SEBAGAI PILAR DARI SUATU NEGARA HUKUM
  • Penulis : MUKMIN MUHAMMAD

Pilar dari suatu negara hukum adalah adanya lembaga yudisial/peradilan yang independen. Kekuasaan lembaga yudisial yang independen dimaksudkan agar tidak ada campur tangan dengan lembaga-lembaga diluar peradilan terutama eksekutif dan legeslatif. Salah satu pilar terpenting dalam menjalankan prinsip-prinsip demokrasi, negara hukum dan penegakan Hak Asasi Manusias adalah menjamin dan menjaga kekuasaan kehakiman yang merdeka, jika terjadi campur tangan yang mengancam atau mengurangi makna (begrip) kekuasaan kehakiman merupakan ancaman dan pengurangan terhadap demokrasi, negara hukum dan konstitusionalisme. Salah satu agenda utama Reformasi adalah memulihkan kemerdekaan kekuasaan kehakiman serta kebebasan hakim, setiap upaya meniadakan, mengurangi atau merendahkan martabat kekuasaan kehakiman yang merdeka merupakan suatu rindakan yang anti reformasi.

Lihat Data
HAK ASASI MANUSIA DALAM HUKUM POSITIF DENGAN KONSEP CONSTITUTIONAL IMPORTANCE
  • Penulis : MUKMIN MUHAMMAD

Berdasarkan fakta sejarah, Hak Asasi Manusia muncul karena adanya penindasan terhadap manusia oleh penguasa yang tiran, sehingga menimbulkan kesadaran menyangkut harkat dan martabat manusia. Meskipun pengertian HAM baru dirumuskan secara eksplisit pada abad ke-18, asal mula pendapat dari segi hukum dan prinsip dasarnya sudah lebih dulu eksis jauh ke belakang dalam sejarah. Makna kebebasan dalam perspektif Hak Asasi Manusia secara Universal dapat dilihat pada Preamble Universal Declaration of Human Rights 1948 yang menyatakan bahwa: selaras dengan nilai-nilai kebebasan dalam perspektif Hak Asasi Manusia (HAM) Doktrin tentang Hak Asasi Manusia sekarang ini sudah diterima secara universal sebagai a moral, political, and legal framework and as a guideline dalam membangun dunia yang lebih damai dan bebas dari ketakutan dan penindasan serta perlakuan yang tidak adil. Oleh karena itu, dalam paham negara hukum, jaminan perlindungan hak asasi manusia dianggap sebagai ciri yang mutlak harus ada di setiap negara yang dapat disebut rechtsstat. Bahkan, dalam perkembangan selanjutnya, jaminan-jaminan hak asasi manusia itu juga diharuskan tercantum dengan tegas dalam undang-undang dasar atau konstitusi tertulis negara demokrasi konstitusional (constitutional democracy), dan dianggap sebagai materi terpenting yang harus ada dalam konstitusi, di samping materi ketentuan lainnya, seperti mengenai format kelembagaan dan pembagian kekuasaan negara dan mekanisme hubungan antar lembaga negara.

Lihat Data
NILAI–NILAI KEARIFAN LOKAL SEBAGAI PENUNTUN TINDAKAN (ACTION GUIDE) PADA ASPEK ETIS (ETIKA) DALAM
  • Penulis : MUSDALIFAH

Manusia sebagai materi dasar administrasi. Manusia merupakan sumber adanya administrasi. Kelahiran administrasi ditentukan oleh pengejaran tujuan bersama secara kolektif dengan mencari sistem-sistem yang bisa memenuhi kebutuhan yang berguna. Karena itu pula tujuan administarsi adalah sematamata untuk kepentingan manusia, khususnya keberadaannya sebagai makhluk sosial yang bermasyarakat. Maka konsekwensinya administrasi bertanggungjawab terhadap kelangsungan organisasi sosial dengan segala kegiatan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan sampai pada evaluasi demi tujuan yang telah ditentukan. Itulah sebabnya disebut, administrasi sebagai suatu fenomena sosial, dan hidup subur di dalam kehidupan sosial bermasyarakat. Di dalam tingkat kehidupan yang demikian, individu mempunyai peranan sentral dan penting. Karena sebenarnya masyarakat adalah bentuk hubungan antar individu dalam suatu sistem, untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu setiap individu berfungsi sebagai sumberdaya masyarakat, sekaligus sumberdaya administrasi. Di dalam inti administrasi terkandung di dalamnya beberapa konsepsi, seperti manajemen, kepemimpinan, pengambilan keputusan, human relation, dan manusia itu sendiri, di dalam wadah yang disebut organisasi (birokrasi). Hakikat yang terdalam dalam administrasi sebenarnya adalah pelayanan, di mana manusia sebagai subyek dan sekaligus sebagai obyek. Jadi yang melayani adalah manusia dan yang dilayani juga adalah manusia pula. Sehingga unsur utama dalam administrasi adalah manusia dalam kelompok, proses kegiatan dan tujuan yang akan dicapai.

Lihat Data
HARAPAN DAN TEORI ATRIBUSI DALAM KUALITAS PELAYANAN
  • Penulis : HERLINA AMRIANA

Jika dilihat dari sudut pandang administrasi , kualitas pelayanan adalah sebuah prestasi atau pencapaian dalam layanan pelanggan. Hal ini sangat mencerminkan pada setiap pertemuan sebuah pelayananan. Pelanggan biasanya membentuk harapan dari sebuah layanan berasal dari sebuah pengalaman masa lalu, dari mulut ke mulut maupun iklan. Secara umum, pelanggan membandingkan layanan yang dirasakannya dengan pelayanan yang diharapkan di mana jika layanan yang sebelumnya kurang memuaskan maka pelanggan yang akan kecewa.Pengukuran aspek subjektif dalam melayani pelanggan tergantung pada kesesuaian manfaat yang diharapkan dengan hasil yang dirasakan. Semua Ini akan secara bergiliran tergantung pada harapan pelanggan dalam hal pelayanan, mereka mungkin menerima dan kemampuan penyedia layanan serta bakat untuk menyajikan sebuah pelayanan yang diharapkan pelanggan. Perusahaan- Perusahaan telah berhasil menambah manfaat dalam menawarkan kepada pelanggan nya yang tidak hanya memuaskan pelanggan saja tetapi juga memberikan kenyamanan dan menyenangkan mereka. Memuaskan pelanggan adalah melayani dengan melebihi harapan mereka.Kriteria objektif yang telah ditentukan dapat tercapai dalam prakteknya, dalam hal ini hasil terbaik yang mungkin dicapai akan menjadi ideal. Tujuan ideal ini mungkin masih sangat kurang dalam hal subjektif.Kualitas pelayanan dapat berhubungan dengan potensi layanan (misalnya, kualifikasi pekerja); proses pelayanan (misalnya, kecepatan pelayanan) dan hasil dari layanan yaitu kepuasan pelanggan.

Lihat Data
  • Poling

  • Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website STIA Algazali Barru Saat Ini?

    Sangat Baik
    Baik
    Cukup
    Kurang
    Tidak Tahu

    Klik disini untuk melihat hasil poling anda